Home » , , » Tips Memasak Daging Steak

Tips Memasak Daging Steak

Tips Memasak daging
Tips Memasak Daging Steak
Picture from livestockreview.com
Memasak daging pada umumnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan memasak menggunakan bahan dasar yang lainnya. Sehingga jika kita tidak mempunyai pengetahuan yang cukup atau tips yang tepat untuk memasaknya, maka yang terjadi adalah cita rasa dan penampilannya yang akan menjadi korban.

Khususnya jika kita ingin memasak daging steak, mungkin beberapa tips berikut ini akan sedikit memberikan anda pengetahuan untuk belajar memasak daging steak.
  1. Jika anda memiliki persediaan daging dirumah, pastikan bahwa daging tersebut disimpan di dalam kulkas dalam keadaan tertutup dengan plastik atau wadah apapun yang transparan sehingga anda dengan mudah bisa mengecek kualitas daging tersebut tanpa membukanya terlebih dahulu. 
  2. Jika suatu hari kita ingin memulai memasak daging steak, pastikan daging dikeluarkan terlebih dahulu dari dalam kulkas dan tunggu hingga kurang lebih 30-60 menit sebelum memulai untuk diolah. Hal ini dilakukan agar daging bisa berada pada suhu ruangan.
  3. Ketika suhu daging dirasa sudah sesuai, terlebih dahulu taburkan bumbu-bumbu seperti garam, lada, bawang bubuk, bawang putih bubuk, dan penyedap rasa bubuk. Jangan lupa tambahkan sedikit mentega atau minyak zaitun.
  4. Lalu panggang daging pada panggangan yang terlebih dahulu diolesi dengan mentega atau minyak zaitun. Hal ini dilakukan agar ketika dipanggang daging tidak terlalu lengket dan menempel pada panggangan.
  5. Anda bisa menentukan sendiri tingkat kematangan dari daging. Pada umumnya bisa dipanggang di suhu 170 derajat selama 10-12 menit untuk mendapatkan daging yang matang sempurna. Anda juga bisa menggunakan temometer khusus daging agar suhu bisa diukur secara akurat. 
  6. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ini sering sekali terjadi pada umumnya, diantaranya adalah jangan pernah balik-balik daging berkali-kali, biarkan daging benar-benar matang pada 1 sisi, jika dirasa sudah matang dengan tingkat kematangan yang diinginkan, barulah daging dibalik untuk mematangkan sisi yang lainnya. Usahakan jangan pernah menggunakan garpu untuk membalik daging karena daging yang ditusuk akan membuat daging menjadi mudah kering karena sari daging yang keluar. Jika ada, gunakanlah penjepit makanan lebih dianjurkan.
  7. Lebih dianjurkan biarkan daging terlebih dahulu selama 5-10 menit sebelum dinikmati.
Itulah beberapa tips sederhana yang mungkin bisa menjadi pengetahuan dasar bagi anda yang ingin mencoba memasak daging steak. Yakinilah bahwa memasak adalah sebuah proses menciptakan karya seni, jadi jalanilah prosesnya dengan baik.

Anda bisa mendapatkan info terbaru mengenai resep-resep masakan dari AdaResepMasakan via social media secara gratis dengan Like Facebooknya dan follow twitternya.

2 comments:

  1. terima kasih tipnys, pasti menarik jika stik ni dibuat sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seepp, Sama-sama. Semoga bisa menjadi referensi belajar memasak steak

      Delete